Saturday, November 19, 2016

Nama Komponen dan Fungsinya

Daftar Nama Komponen, Fungsi Printer Serta Cara Pengoprasian Printer Canon iP2770
Printer Canon iP2770
Kalau postingan Printer sebelumnya membahas jenis dan merek printer, kali ini saya coba membahas bagian bagian dari printer. Printer Canon iP2770 atau Pixma iP2770 benda berukuran kurang dari setengah meter ini merupakan alat yang sering kita jumpai dan kita gunakan untuk mencetak atau menampilkan data dalam bentuk cetakan.
Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas. Di bawah ini ada bagian-bagian printer yang mungkin belum anda ketahui.Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu:
  1. Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
  2. Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
  3. Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tidak membutuhkan pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
  4. Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis, fleksibel dan kuat.
  5. Pada bagian belakang printer biasanya ada Port pararel atau USB untuk penghubung ke komputer.
  6. Mainboard printer
    Merupakan pusat kontrol dari printer, semua printah kerja mekanik maupun data terjadi di bagian ini.
    Mainboard printer
    Mainboard printer
  7. Timing disk
    Timing disk adalah komponen yang berfungsi sebagai timing  (Pengatur waktu) pada waktu printer menarik kertas, penjelasan yang lebih gampang-nya adalah perbedaan berjalanya kertas ketika kita menggunakan kualitas foto biasa dan kualitas foto / high. disitu terlihat kecepatan yang berbeda. di sinilah fungsi alat ini. namun beberapa type printer tidak menggunakan timing disk.
    Timing disk
    Timing disk
  8. Encoder
    Letak encoder biasanya ada di belekang HEAD / Tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaanya yang berbeda, encoder bekerja sebagai timing pada HEAD sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.
    Encoder
    Encoder
  9. Rol Penarik kertas
    Rol penarik kertas digunakan untuk menarik kertas pada saat mencetak.
    Rol Penarik kertas
    Rol Penarik kertas
  10. Sensor paper
    Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di cetak, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. biasanya alat ini terdapat di bagian samping atau atas Rol penarik kertasAda 2 sensor yang tertanam di print, di atas rol kertas dan di atas rol mesin samping.
    Sensor paper
    Sensor paper
  11. Photo-interrupter
    Mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan optocoupler. Akan tetapi, photo-interrupter dapat digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya halangan yg berada diantara transmitter dan receiver.
    Photo-interrupter
    Photo-interrupter
  12. Power supply
    Merupakan pensuplai tegangan pada komponen printer.
    Power supply
    Power supply

    Power supply_2
    Power supply
  13. Head dan Katrid
    Adalah otak dari output printer, disinilah perintah nge-print dari komputer baik text maupun gambar di cetak ke kertas.
    Head dan Katrid
    Head

    Head dan Katrid
    Katrid


Cara Pengoprasian Printer Canon iP2770

Cara kerja printer dapat dideskripsikan secara sederhana sebagai berikut:

  1. Aplikasi perangkat lunak yang digunakan mengirimkan data yang akan dicetak ke printer driver.
  2. Driver menerjemahkan data yang dikirim menjadi data yang dapat dimengerti oleh printer dan memeriksa apakah printer siap untuk melakukan pencetakan.
  3. Data kemudian dikirimkan oleh driver dari komputer ke printer dengan menggunakan antarmuka koneksi pararel atau USB.
  4. Printer menerima data dari komputer dan sejumlah data disimpan dalam buffer, buffer. Buffer sangat berguna karena mengijinkan komputer melakukan pencetakan dengan cepat daripada harus menunggu halaman yang sebenarnya untuk dicetak.
  5. Jika printer dalam status idle dalam waktu yang lama biasanya akan dilakukan proses pembersihan hend printer terlebih dahulu, setelah pembersihan selesai, printer siap untuk mencetak.
  6. Circuit kontrol mengaktifkan feed motor stepper untuk mengambil kertas, motor ini mengaktifkan roll dan mengambil kertas yang ada pada tray kertas. Tapi jika tidak terdeteksi adanya kertas, led pada printer akan menyala dan printer akan mengirim pesan “alert printer is out paper” pada komputer.
  7. Setelah kertas dimasukkan printer head menggunakan belt untuk berpindah posisi mengitari kertas, motor berhenti setiap sepersekian detik member waktu pada printer head untuk menyemprotkan titik-titik tinta pada kertas sebelum sebelum kembali bergerak.
  8. Beberapa titik dibuat dalam sekali semprot, head print menyemprotkan warna CMYK dalam nilai yang sesuai sehingga warnanya tepat seperti yang diinginkan.
  9. Setelah mencapai batas sisi kertas, head printer kembali kesisi awal kertas dan kembali mencetak. Proses ini berlangsung terus-menerus sampai proses pencetakan benar-benar selesai.
  10. Waktu yang digunakan untuk mencetak satu halaman penuh bervariasi tergantung dari kompleksitas halaman dan besar gambar yang dicetak.
  11. Setelah pencetakan selesai, head printer diposisikan disisi lain dari kertas, lalu kertaspun kembali keluar ke tray.