Saturday, November 19, 2016

Latar Belakang Printer

Pada zaman seperti ini perkembangan teknologi semakin canggih, dan semua ini dikarenakan oleh persaingan manusia, kelompok atau instansi yang sangat ketat demi kemajuan usahanya, sehingga setiap orang dituntut untuk mampu menggali informasi dari berbagai sumber. Banyak sumber informasi yang dapat kita ketahui di zaman sekarang ini seperti: Internet, Media Cetak dan Elektronik (televisi, radio, koran, dan sebagainya), namun sekian banyak sumber informasi. Yang paling penting untuk kita ikuti perkembangannya adalah informasi dari layanan jasa melalui Internet. Di dalam pengaksesan internet  diperlukan sarana pendukung yaitu komputer. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan pengertian komputer. Komputer berasal dari bahasa latin Computare yang artinya menghitung.

Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengn programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan  output dalam bentuk informasi.
Menurut Donald H. Sanderes, 1985 komputer adalah sistem elektronika yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta di rancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/operating system) yang tersimpan didalam penyimpanannya (stored program).

Menurut Larry Long and Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronika yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik lainnya. Berdasarkan definisi tersebut dapat di simpulkan bahwa komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di rumuskan. Komputer mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input, memproses input  yang telah dimasukan sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Salah satu komponen pelengkap dalam komputer adalah printer. Printer merupakan salah satu piranti keluaran yang terhubung ke komputer yang berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar, atau tampilan lainnya kedalam media kertas atau sejenisnya. Istilah yang dikenal dalam resolusi printer disebut dpi (dot per inch), yang berarti menyatakan banyaknya luas titik dalam 1 inchi. Semakin tinggi resolusi maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan, Namun sebaliknya semakin rendah resolusinya maka cetakan yang akan dihaslkan akan semakin buruk/tidak bagus. Agar printer dapat bekerja secara optimal maka perlu dilakukan perawatan dan perbaikan terhadap komponen yang rusak.
Seiring dengan perkembangan waktu dan jaman di era globalisasi ini banyak dunia usaha yang bergerak dalam bidang komputer memerlukan teknisi dalam jumlah yang banyak, oleh karena itu teknisi perlu meningkatkan diri baik dari segi intelektual maupun keterampilan, dalam upaya memenuhi standar  SDM yang siap pakai. Untuk mencapai hal tersebut pihak sekolah khususnya SMK akan mengadakan suatu program prakerin yang wajib diikuti semua siswa dengan tujuan agar para siswa mampu mempraktikan teori yang didapat disekolah ke dalam DU/DI sehingga bisa mendapat pengalaman keja secara langsung. Pada kesempatan ini penulis memilih judul “PERBAIKAN PERIFERAL PRINTER CANON IP 2770” karena penulis ingin lebih mengetahui bagaimana cara perbaikan periferal (printer) dengan baik dan benar. Di samping itu, penulis ingin mengetahui dengan dalam tentang bagian-bagian printer, jenis atau type-type printer, permasalahannya dan cara perbaikannya.


Sejarah Printer

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area per 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

            Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.
            Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.
            Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer. Printer system inkjet diperkenalkan pada tahun1984. dengan inkjet printer dan printer ink cartridge, tugas pencetakan dokumen dan penggantian ink cartridge lebih sering dipergunakan, lebih dipercaya dengan hasil yang lebih bersih dari pada pita atau pengisian toner cartridge.

            Pada tahun 1984, penerimaan system ini belum menjadi ketergantungan seperti saat ini. Printer inkjet menggantikan printer system dot matrik, yang mengakibatkan penggantian pita. Tak lama kemudian, pabrik-pabrik printer mulai mengkonsep teknologi inkjet, sesuai dengan tuntutan kemajuan. Beberapa perusahaan mulai menjadi kendali dibelakang kemajuan inkjet. Dan pada tahun 90-an, metode tersebut tersebar luas. Saat ini metode cartridge diperlukan untuk mencetak baik hitam putih ataupun gambar dan photo warna. Perkembangan ink cartridge patut dibanggakan, karena kemampuannya menghasilkan cetakan di atas kertas yang berbeda jenis dan ukuran, pabrik,film dan lain-lain. Printer ini juga digunakan untuk sekolah-sekolah, rumah-rumah dan jutaan orang di seluruh dunia. Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
            Pada tahun 1953, printer dengan kecepatan tinggi pertama kali di kembangkan oleh Remington-Rand yang digunakan di UNIVAC computer. Pada tahun 1938, Chester Carlson memperkenalkan proses cetak basah yang disebut electrophotography yang kemudian hari dinamakan Xerox, yang kemudian berkembang menjadi penemuan teknologi printer laser. Printer laser yang sesungguhnya dinamakan EARS yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center, di mulai tahun 1969 dan selesai pada bulan November tahun 1971. tenaga ahli Xerox, Gary Starkweather mengadopsi teknologi copy Xerox menjadi printer laser. Xerox 9700 adalah produk printer laser pertama Xerox dengan teknologi xerographic laser yang di realase tahun 1977. IBM sendiri memulai teknologi ini dengan IBM 3800 yang dipasang pertama pada kantor pusat akunting di F.W.Woolworth’s North American data Center di Milwaukee, Winconsin tahun 1976. IBM 3800 adalah industri pertama system printer kecepatan tinggi. Mengkombinasikan teknologi laser dan electrophotography. Tahun 1992, Hewlett-Packard memperkenalkan LaseJet 4 yang terkenal, menggunakan resolusi 600 x 600 dot per inch(dpi).


Jenis-jenis printer

Adapun jenis printer yaitu sebagai berikut:
Latar Belakang, Sejarah, Jenis-Jenis Printer Dulu Hingga Sekarang
Contoh Printer Ink Jet
  1. Printer Jenis  ink jetPrinter jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye.

    Menurut pengamatan penulis printer jenis inkjet merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan di masyarakat hal ini kemungkinan besar disebabkan harga printer inkjet yang relative lebih murah yaitu mulai dari sekitar Rp 400.000.  Jenis Printer All In One dan Printer Inpus merupakan jenis printer inkjet yang lagi popular saat ini. Dengan printer all in one ini kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan yaitu scanner dan fotocopy selain fasilitas printer.Sedangkan untuk printer inpus biasanya digunakan oleh warnet atau rental komputer dengan pertimbangan printer jenis ini lebih ekonomis dari segi pemakaian tintanya sehingga biaya cetak menjadi lebih murah, terlebih lagi saat ini perusaan Epson telah mengeluarkan tipe Epson L100 dan Epson L200 yang merupakan tinta inpus dengan tinta original pertama di Indonesia.
  2. Printer Jenis Laser Jet
    Latar Belakang, Sejarah, Jenis-Jenis Printer Dulu Hingga Sekarang
    Contoh Printer Laset Jet
    Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.

    Gambar diatas adalah salah satu contoh printer laser yang pernah saya pakai yaitu Printer HP2605dn. Dari pengalaman printer laser ini lumayan awet, terbukti printer yang dibeli sekitar 3 tahun yang lalu ini masih saya pakai bersama 20-an user lain dan masih tetep OK.Satu kekurangan Printer Laser adalah harganya yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.


  3. Printer Jenis Dot Matrik
    Latar Belakang, Sejarah, Jenis-Jenis Printer Dulu Hingga Sekarang
    Contoh Printer Dot Matrix
    Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter pada kertas. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, awet digunakan terbukti dari beberapa printer dot matrik yang pernah saya temukan sudah berumur diatas 8 tahun dan printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.

    Disamping kelebihan diatas Printer jenis dot matrik mempunyai kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang tidak sebagus printer inkjet dan laserjet, printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup keras yang ditimbulkan dari pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan  dengan printer jenis inkjet.

No comments: